Manfaat hipnotis untuk kesehatan


Sehat Dengan Hipnotis

Selain untuk tujuan negatif, tak banyak yang tahu, bahwa sebenarnya hipnotis merupakan bagian dari ilmu kedokteran sehingga bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan penyakit. Nah, hipnotis yang dijadikan sebagai alat untuk penyembuhan disebut Hipnoterapi. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan hipnotis adalah kanker, kecanduan obat atau rokok, phobia hingga ingin memiliki momongan.

Prinsip hipnoterapi

Adalah menolong pasien supaya dia bisa menolong dirinya sendiri. Metode hipnoterapi atau medical hipnosis pertamakali diperkenalkan oleh seorang dokter berkebangsaan Inggris pada tahun 1734-1815.
Semula terapi ini diterapkan untuk psikoterapi untuk mencegah timbulnya ganguan kesehatan (prevention of diseases), peningkatan taraf kesehatan (health promotion) serta untuk upaya rehabilitasi lainnya.

Salah satu bagian hipnotis kedokteran adalah hipnoterapi yang berfungsi menyembuhkan dan menyehatkan gangguan yang bersifat fungsional. Ganguan kesehatan karena defisiensi organik dalam tubuh maupun defisiensi zat dari luar tubuh tidak bisa disembuhkan dengan hipnoterapi. Namun begitu, untuk tindakan lanjutan tetap dibutuhkan diagnosa oleh dokter.

Cara kerja

Secara umum, hipnotis merupaka cara pemberdayaan tenaga atau energi dari bawah sadar dengan mengistirahatkan energi dari jiwa sadar. Tubuh seseorang direlaksasi hingga bawah sadarnya tampil. Setelah dinetralisis, barulah ditanamkan hal-hal positif. Proses hipnotisnya biasanya berlangsung antara 5 sampai 10 menit. Agar tidak terjadi komplikasi pada tubuh, hipnotis sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh sembarang orang. Jadi harus dilakukan oleh seorang ahli terapis.


Manfaatnya

Beberapa gangguan penyakit yang bisa disembuhkan adalah;

1. Penyakit kanker. Sebab, penyakit kanker termasuk gangguan yang disebabkan oleh gangguan fungsional. Di dalam tubuh, sel darah putih antikanker yang disebut dengan natural killer cell jumlahnya harus mencukupi untuk sanggup menumpas sel-sel yang ‘salah cetak’. Jika kadar natural killer cell rendah, maka tubuh manusia mudah sekali terkena kanker. Untuk meningkatkan kadar sel ini dapat dengan hipnoterapi.

2. Untuk membantu mendapatkan kehamilan. Syaratnya, perempuan tersebut harus dalam kondisi sehat. Dan kehamilan tersebut terjadi karena gangguan fungsi gangguan keseimbangan hormonal dan bukan karena rahimnya ‘diangkat’.

3. Membantu proses melahirkan. Agar lancar saat melahirkan biasanya digunakan hipnotis berupa hypnobirthing. Program hypnobirthingyang dilakukan selama kehamilan dapat membuat si ibu tenang saat persalinan sehingga proses persalinan akan berjalan relatif lancar.

4. Gangguan emosional. Hipnotis juga bisa dipakai untuk pasien yang terkena gangguan emosional atau psikosomatik, seperti sakit maag. Gangguan ini sebenarnya letaknya di jiwa tetapi menjalar ke badan.

5. Untuk gigi (hipnodonsi). Biasanya, hipnotis dipakai terutama untuk anestesi (mengurangi rasa nyeri).

Sumber: www.artikel-kesehatan-online.blogspot.com